Materi Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 

Nama: Muhamad Yusuf
Fakultas: Ekonomi Bisnis Dan Teknologi Digital
Prodi: Sistem Informasi

Peneguhan Nilai-nilai Pancasila Dalam Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas. Mimpi Indonesia akan berikut serta ke dalam negara negara maju. 
Bagaimana kita akan menghadapi Indonesia emas?
Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi ini akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif.

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam memper- siapkan bonus demografi ini juga cukup besar. Salah satunya adalah masuknya paham radikalisme & ideologi anti Pancasila di Indonesia.

Menggali kembali makna nilai-nilai Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045.

Pancasila dan pembangunan:

-Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

-Pembangunan Nasional adalah untuk menusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

-Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapl juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spritual.

Pemateri: bapak muchari

Baca juga: Nanda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Peringati 17 Agustusan, Unusa Ajak 42 Mahasiswa Asing Lomba Tradisional

Sertifikat Mahasiswa Unusa

Materi Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi